Monday, July 14, 2014

Catatan Kuliahku.. motivasi dan inspirasi di tengah suasana genting




Hello assalamualaikum..wr wb
dah lama nih saya tak menulis apapun gara-gara kesibukan kampus dan kerja sambilan buat nutup hasrat pengen jajan haha..
oke kali ini saya akan sedikit sharing aja mungkin banyak temen-temen
yang nanya dan bingung mulai dari mana ketika kita akan belajar kalau sudah masuk di kehidupan kampus yang keras (saya rasa hehe)
awal semester baru tiba, biasanya loket pendaftaran maba (mahasiswa baru) kampus lagi sibuk-sibuknya. apalagi buat kampus ane yang kebetulan swasta.. entah disadari, sedikit atau banyak.. dari para pendaftar ada yang bingung mau ambil jurusan apa tapi ada juga yang sudah punya pilihan..
okay sedikit share aja.. dulu saya gak pernah coba apa itu snmptn dkk, dulu sempat berfikir akan ikut.. tapi setelah mendengar petuah2 goib haha.. ane gak jadi ikut ya mungkin ini akibat ekspresi kesal ane juga terhadap orang2 yang membangga-banggakan sebuah intitusi tertentu tanpa melihat sisi objektif dari mahasiswanya lagi.. sehingga terlintas dipikiran ane... gak peduli semahal apapun kuliah ente tapi klo ente sia-sia in.. sama aja buang duit.. so saran anae sih kalo ente gak punya niat 100% sama aja ente ngesia-sia in kesempatan ente buat kuliah.. apalagi ditambah merasa salah jurusan.. malah semakin runyam tuh.
oke beranjak dari situ ane putuskan tuk masuk kampus swasta berdasarkan saran kakak ane.. kebetulan ane hobby oprek2 komputer dan sebangsanya jadi ane pilih jurusan it.. dan ane masuk di jurusan sistem informasi, yah selama 6 semester ini ane rasakan getir,pahit,manisnya jadi mahasiswa.. yang begadang lembur bikin final project, diuber-uber target tugas, dll melelehkan tapi juga menambah pengalaman haha..
tapi dari situ ane belajar bahwa gak ada namanya kesuksesan instant kayak bikin mie instant.. semua butuh proses. jadi ane tetep jalani itu, mungkin banyak temen-temen ane yang out atau pindah jurusan karna gak kuat sama matkul atau lingkungannya. atau mungkin karna faktor ekonomi. tapi ane alhamdulilah masih survive dan insyaAlloh bisa ampe lulus.. amin. tapi banyak sekali anak-anak yang baru masuk dan gak hanya mereka sih.. temen2 ane pun ada yang masih gak tau tujuan kuliahnya.. itu Nightmare (mimpi buruk.. hoho).. kalo buat aku ibarat kita mau jalan tapi gak ngerti mau kemana.. akhirnya muter2 gak jelas jadinya.. rata2 sih mereka bilang "untuk menuntut ilmu".. tapi sebentar.. kita kroscek lagi udah sejalan ga? sama yang diucapin dengan apa yang dilakuin di kampus?, apa jangan2 cuman jargon penghibur diri? wah2 bisa bahaya tuh..kasihan ortunya udah cape2 kerja malah anaknya gak punya niat yang lurus.. hoho.. tapi kembali lagi kita gak bisa nyalahkan anaknya aja.. bisa jadi faktor lain seperti lingkungan juga ngaruh.. bahkan ada lo yang kuliah supaya dibilang keren adik2nya.. wetz.. ini parah mas bro.. buang2 duit versi intelektual namanya haha tapi ya mau gimana lagi ini dilema kehidupan kampus jg.. intinya kita musti ngerti dulu apa tujuan kuliah kita, baru deh ngomong target2 berikutnya..
oke setelah kita dah ngerti tujuan kuliah hal berikutnya pilih jurusan yang cocok dan sesuai.. karna seringkali banyak orang salah pilih.. ini bisa fatal bro.. banyak kasus kayak gini ini..
dan berikutnya itu play hard=work hard.. ane sering ditanya oleh junior2 ane di kampus.. mas bisa ngoding, itu resepnya apa.. atau mas ada gak cara cepet jago koding? bla.. bla.. bla.. ane bingung karna pada intinya semua kesuksesan berasal dari dari kerja keras dan juga passion.. kalo yang namanya udah passion meskipun susah pasti akan dijalani dan semangat.. so sampai disini dulu bersambung pada kesempatan berikutnya :D

1 comment:

  1. mantep banget nih gan, ane Smt 5 sekarang, ane baca nih buat motivasi

    ReplyDelete